DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN LITERASI NUMERASI AUD MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN PERMAINAN DAKUAN DI KELOMPOK B3 RA DATU ABULUNG BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | SHOLIYANA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-11-27 |
Sholiyana. 2021 “Mengembangkan Literasi Numerasi AUD Menggunakan
Kombinasi Model Make A Match, Numbered Head Together (NHT),
dan Permainan Dakuan di Kelompok B3 RA Datu Abulung
Banjarmasin” Skripsi Program Guru Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Mohammad Dani
Wahyudi, S.Pd.I, M.Pd
Kata Kunci : Literasi Numerasi, Make A Match, Numbered Head Together (NHT),
Dakuan.
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini karena anak belum
mampu mengenal dan menggunakan lambang bilangan. Hal ini disebabkan karena
pembelajaran yang kurang menarik sehingga membuat anak bosan dalam
mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas
guru, mendkripsikan aktivitas anak, dan menganalisis pencapaian pengembangan
anak dalam mengembangkan literasi numerasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif dengan jenis
penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang
terdiri dari 1 siklus 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dikelompok
B3RA Datu Abulung Banjarmasin dengan jumlah anak sebanyak 11 orang terdiri
dari 4 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan
yang diambil pada proses pembelajaran di setiap pertemuan. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dalam bentuk tabel dan diagram menggunakan presentase.
Indikator keberhasilan penelitian jika aktivitas guru mencapai kategori “Sangat
Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Sangat Aktif”, hasil pengembangan
mencapai bintang 3 “Berkembang Sesuai Harapan”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas guru pada siklus 1 Siklus
1 Pertemuan 1 memperoleh skor 14 kriteria “Cukup Baik” dan di Siklus 2
pertemuan 2 memperoleh skor 24 kriteria “Sangat Baik”, 2) aktivitas anak pada
siklus 1 Siklus 1 Pertemuan 1 memperoleh 36% dengan kriteria “Kurang Aktif”
dan di Siklus 2 pertemuan 2 memperoleh skor 100% dengan kriteria “Sangat
Aktif”, 3) hasil pengembangan literasi numerasi anak di siklus 1 Siklus 1
Pertemuan 1 memperoleh 27% dengan kriteria “Belum Berkembang” dan di
Siklus 2 pertemuan 2 memperoleh 100% dengan kriteria “Berkembang Sangat
Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi
model Make A Match, Numbered Head Together (NHT), dan permainan dakuan di
kelompok B3 RA Datu Abulung Banjarmasin dalam mengembangkan literasi
numerasi mengalami perkembangan dan mencapai indikator keberhasilan yang
diharapkan. Saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti selannjutnya ialah dapat
dijadikan sebagai bahan alternatif dalam memilih dan menggunakan model-model
pembelajaran.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI