DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI SPLDV BERBASIS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
PENGARANG:RIZQI NUR AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-27


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah perangkat pembelajaran yang dirasa tepat untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi maupun konsep yang diajarkan di dalam kelas. Namun, masih banyak peserta didik yang belum mampu menemukan konsep pembelajaran yang sesungguhnya karena LKPD yang diberikan hanya berisi ringkasan materi dan latihan soal. Sehingga, sebagai salah satu upaya peningkatan kemampuan pemahaman peserta didik dilakukan pengembangan LKPD berbasis etnomatematika. Selain itu, agar matematika menjadi lebih dekat dengan lingkungan peserta didik, maka dikembangkan LKPD berbasis etnomatematika Pasar Terapung. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan LKPD pada Materi SPLDV Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang valid. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate tetapi hanya tiga tahap yang dilaksanakan, yaitu define, design, dan develop. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi oleh 4 orang ahli. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif berdasarkan kritik dan saran validator, dan secara kuantitatif berdasarkan hasil penilaian LKPD oleh validator. Hasil rata-rata total seluruh aspek yang didapat pada pengembangan LKPD berbasis etnomatematika pasar terapung adalah 3,46 dengan kategori valid. Dengan demikian, LKPD pada materi SPLDV memenuhi kriteria valid.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI