DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI REKRUTMEN ANGGOTA DEWAN PIMPINAN CABANG PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:M. KAMARULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-28


M. Kamarullah, D1B114219, 2021 “Strategi Rekruitmen Anggota Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar”. Di bawah bimbingan Ibu Hj. Sandra Bhakti Mafriana,selaku pembimbing I dan Bapak Husein Abdurrahman,  pembimbing II dan Ibu Siti Hamidah  Selaku Penguji III.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Rekruitmen Anggota Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar. Strategi Rekruitmen Anggota Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar diukur dengan menggunakan teori Manajamen Strategi (George R. Terry, 2010) yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating dan Controlling.

 

Metode pada penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Rekruitmen Anggota Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar dapat disimpulkan secara keseluruhan belum terlaksana sebagaimana mestinya, dilihat dari teori Manajemen Strategi (George R. Terry, 2010). Pertama, Planning yaitu Strategi Rekruitmen Anggota Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar belum melakukan rekruitmen dengan baik sesuai teori perencanaan. Kedua, Organizing dalam Strategi Rekruitmen Anggota dilakukan oleh bagian Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi. Ketiga, Actuating  yaitu pelaksanaannya dilakukan secara berjenjang dan secara langsung. Keempat, Controlling yaitu dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar, Wakil Ketuan Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi, dan Sekretaris Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi.

 

 

 

Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini ialah Kepada Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar yaitu meningkatkan kualitas dalam sistem Rekruitmen Anggota Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Banjar, yaitu dengan membuka informasi secara umum melalui selebaran atau media. Bagi anggota diharapkan lebih meningkatkan 6 Prinsip dasar agar terlaksana dengan baik dan sesuai harapan.

Kata kunci : Strategi, Rekruitmen, Partai Persatuan Pembangunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI