DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGUNGKAP KARAKTERISTIK SALAH SAJI PADA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH BERBASIS AKRUAL (Studi Hasil Pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:ETIAULY ARDIASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


Etiauly Ardiasari, (2021) Mengungkap Karakteristik Salah Saji Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual (Studi Hasil Pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan)
Pembimbing 1 : Dr. Sarwani, Drs. M.Si, Ak, CA, CPA. Pembimbing 2 : Hj. Fatimah, S.E., M.Si, Ak, CA

 

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap karakteristik salah saji yang terjadi dalam pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah yang berkaitan dengan area, prosedur yang pertama kali mendeteksi, dan penyebab salah saji.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner. Analisis karakteristik salah saji dilakukan berdasarkan 130 data salah saji hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019 atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018 pada 13 Pemerintah Kab/Kota.

Hasil penelitian ini menunjukkan kecenderungan karakteristik salah saji pada LKPD.  Dalam lingkup asersi manajemen, salah saji lebih banyak pada asersi penilaian, klasifikasi, dan kelengkapan. Dalam lingkup laporan keuangan, salah saji lebih banyak pada akun Aset Tetap dan Aset Lancar. Prosedur utama yang mendeteksi salah saji adalah uji rinci – inspeksi. Penyebab salah saji terbanyak yaitu ketidakcukupan pengetahuan akuntansi, kesalahan pisah batas dan akrual, serta kesalahan judgement.

 

Kata kunci :     Salah Saji, LKPD Berbasis Akrual, Asersi Manajemen, Prosedur Audit Awal yang Mendeteksi Salah Saji, Penyebab Salah Saji.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI