DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK ADHD KELAS I DI SD NEGERI TELUK DALAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ANI NURSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


Anak ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) yang memiliki hambatan perilaku hiperaktif  dibidang kognitifnya, terlebih kemampuan konsentrasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, dapat mempengaruhi penurunan pencapaian prestasi akademik anak. Keadaan tersebut membuat perlu adanya alternatif baru saat proses pemberian treatment untuk mengurangi perilaku hiperaktifnya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap penurunan perilaku hiperaktif pada anak ADHD kelas I di SDN Teluk Dalam 1 Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), penelitian ini menggunakan desain A1-B-A2 dengan jumlah pelaksanaan 14 tahap dan setiap tahap berdurasi 30 menit. Teknik pencatatan data yaitu dengan observasi langsung terhadap perilaku subjek dengan catatan data mengenai kejadian frekuensi yang dibantu oleh 3 orang pengamat. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku hiperaktif (meninggalkan tempat duduk) pada anak ADHD kelas I di SDN Teluk Dalam 1 Banjarmasin dengan menggunakan terapi murottal Al-Qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dengan terdapat penurunan frekuensi perilaku dari fase baseline-1 (A1) 11,13,13, kemudian selama fase intervensi frekuensi perilaku menjadi 8,7,7,7,4,5,5 dan selama kondisi baseline-2 (A2) kembali menurun jika dibandingkan fase baseline-1 (A1) yaitu menjadi 9,8,8,7.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI