DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN VIDEO CONFERENCE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI PATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


Tujuan dilaksanakannya penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran daring berbantuan video conference yang dilihat dari (1) ketuntasan hasil belajar peserta didik, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dan self regulation peserta didik, serta (3) respon peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk pre-eksperimental design dengan metode penelitian adalah one grup pretest-posttest design, dilakukan dalam dua kali pertemuan. Populasi penelitian yakni peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling, adapun sampel yang diambil berjumlah 36 orang. Pengumpulan data melalui teknik tes berupa soal uraian/essai dan non-tes berupa angket. Teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian membuktikan model discovery learning efektif digunakan pada pembelajaran daring yang dilihat dari pencapaian (1) hasil belajar peserta didik sebesar 0,59 dalam kategori sedang dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,78%, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dalam kategori sedang sebesar 0,52 dan self regulation dalam kategori sedang sebesar 0,31, serta (3) respon peserta didik positif.

 

Kata kunci: Model discovery learning, berpikir kreatif, self regulation, larutan elektrolit dan nonelektrolit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI