DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
PENGARANG:BENING WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


Salah satu penyebab rendahnya pemahaman konsep peserta didik adalah kurangnya bahan ajar yang memiliki komposisi dalam membantu peserta didik memahami konsep secara mandiri maupun pada saat pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran bermuatan karakter khususnya karakter kejujuran, menghargai pendapat orang lain, dan peduli dengan model pembelajaran generatif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini desain pengembangan menggunakan model ADDIE yang sudah diuji coba pada 29 peserta didik kelas XI MIPA 2 di SMAN 6 Banjarmasin.  Adapun pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi modul pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul pembelajaran bermuatan karakter yang dikembangkan dengan rerata skor sebesar 2,9 dinyatakan valid, (2) modul pembelajaran bermuatan karakter yang dikembangkan ditinjau dari keterlaksanaan RPP dan angket respon peserta didik dinyatakan praktis, dan (3) modul pembelajaran bermuatan karakter yang dikembangkan termasuk efektif dengan pemahaman konsep peserta didik yang menghasilkan N-gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan terdapat perbedaan karakter peserta didik antara sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran bermuatan karakter dengan model pembelajaran generatif dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI