DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
PENGARANG:Norisa Afrida Rianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


ABSTRAK

 

Kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah dikarenakan belum adanya bahan ajar yang tepat untuk melatihkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Elastisitas dan Hukum Hooke melalui pembelajaran inkuiri terbimbing yang layak untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek dalam penelitian ini adalah29 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 12 Banjarmasin yang terdiri dari 21 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, pengamatan RPP dan aktivitas peserta didik, tes hasil belajar, serta kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yang yang dikembangkan termasuk valid karena komponen RPP, LKPD, materi ajar dan THB memperoleh kategori baik (2) bahan ajar termasuk praktis karena aspek setiap komponen RPP dapat terlaksana dengan sangat baik, (3) bahan ajar termasuk efektif karena nilai N-Gain hasil belajar sebesar 0,49 dengan kategori sedang, dan aktivitas peserta didik dalam kategori baik, serta (4) nilai N-Gain berpikir kritis sebesar 0,33 dengan kategori sedang Dengan demikian, bahan ajar elastisitas dan hukum Hookemelalui inkuiri terbimbing termasuk layak untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

 

Kata kunci:bahan ajar, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran inkuiri terbimbing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI