DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SENI ANAK DALAM MEMBUAT KARYA SEPERTI BENTUK SESUNGGUHNYA DENGAN BERBAGAI BAHAN (KERTAS) MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DAN PRAKTEK LANGSUNG DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATFHAL 36 BANJARMASIN
PENGARANG:SALASIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


ABSTRAK

 

Salasiah 2020. Pengembangan Kemampuan Seni Anak Dalam Membuat Karya Seperti Bentuk Sesungguhnya Dengan Berbagai Bahan (Kertas) Melalui Metode Pemberian Tugas Dan Praktek Langsung  Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah  Bustanul Atfhal 36 Banjarmasin. Skripsi S1 PG. PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie, J, S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci : Kemampuan Seni, Metode Pemberian Tugas, Praktek Langsung

 

Permasalahan yang terjadi di TK Aisyiyah 36 Banjarmasin yaitu perkembangan seni mereka khususnya pada seni melipat kertas.  Anak kurang mampu membuat kapal terbang yang bervariasi. Anak yang kurang dapat mengikuti kegiatan melipat kertas yang diarahkan guru. Solusinya dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan praktek langsung. Tujuan penelitian untuk mengetahui metode pemberian tugas dan praktek langsung yang dapat mengembangkan kemampuan seni anak dalam membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas) di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisiyiyah Bustanul Athfal 36 Banjarmasin

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal 36 Banjarmasin yang berjumlah 15 orang anak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru dan aktivitas anak dalam pembelajaran. 

Hasil penelitian aktifitas guru menerapkan metode pemberian tugas dan praktek langsung  dalam mengembangkan aspek seni  anak dalam metode pemberian tugas dan praktek langsung  pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Banjarmasin  termasuk terlaksana dengan baik.  Aktivitas anak dalam dalam mengembangkan aspek seni anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Banjarmasin termasuk dalam kategori sangat aktif. Perkembangan seni anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Banjarmasin, termasuk berkembang sesuai harapan.

 

Saran penelitian guru PG-PAUD dapat menggunakan agar menerapkan kombinasi metode praktik langsung yang divariasikan dengan metode pemberian tugas dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran perkembangan seni anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI