DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA ALAM KECAMATAN LAHEI KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:MUHAMMAD KURNIA SAKTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


 

ABSTRAK

 

 

 

Muhammad Kurnia Sakti, 1610413610024, 2021, “Strategi Pemerintah Dalam Mengembangkan Objek Wisata Alam Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara” di bawah bimbingan Dr. H. Samahuddin Muharram, M.Si, Selaku Pembimbing

 

 

 

          Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemerintah dalam mengembangkan objek wisata alam kecamatan lahei kabupaten barito utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang dijadikan sebagai informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata (satu orang) dan masyarakat sekitar lokasi Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan (tiga orang). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang sudah dilakukan oleh pemerintah Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga di Kabupaten Barito Utara berjalan dengan lancar walaupun tidak sempurna sesuai keinginan dikarenakan adanya kendala. Adapun strategi yang telah disusun yaitu mengembangkan dan mempromosikan objek wisata unggulan daerah, meningkatkan dan mengembangkan pariwisata dan destinasi wisata yang berwawasan ramah lingkungan, meningkatkan pengembangan dan kesadaran pemeliharaan, serta menyediakan sarana dan prasarana yang layak bagi pengunjung objek wisata alam. Pembentukan kelompok sadar lingkungan (KOPDARWIS) salah satu bentuk implemantasi pemerintah terhadap adanya strategi pembangunan objek wisata alam yang dilakukan, serta tercapainya tujuh sapta pesona.

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Strategi Pemerintah, Pengembangan, Objek Wisata Alam

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI