DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2017/2018
PENGARANG:HUSNUL KHOTIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran lingkungan keluarga terhadap hasil belajar,pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap hasil belajar, serta mengetahui pengaruh peran lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini  menggunakan deskriptif asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan keluarga (X1) berpengaruh secara terbalik sebesar -0,690 (69%) dengan kategori sangat kuat terhadap hasil belajar (Y) sedangkan lingkungan sekolah (X2) juga berpengaruh positif sebesar 0,001 (0,1 %) dengan kategori sangat rendah terhadap hasil belajar (Y). Pengaruh secara simultan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung 24,676 > Ftabel 3,132 dengan nilai signifikan (sing) yaitu 0,000 lebih kecil 0,05 dan diperoleh nilai R2 (R square) 0,476 atau 47,6% dengan demikian dapat disimpulkan peran lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Banjarmasin sebesar 47,6% dan sisanya 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

.

Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI