DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMA Negeri 2 Banjarmasin)
PENGARANG:RENITA KARTIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


ABSTRAK

 

RENITA KARTIKA SARI, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, kecerdasan emosional serta kemandirian belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar secara simultan terhadap siswa XI SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif asosiatif kausal. Teknik penelitian ini adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar (X1) berpengaruh positif  sebesar 0,506 (50,6%) dengan kategori cukup baik terhadap prestasi belajar (Y), sedangkan kecerdasan emosional (X2) juga berpengaruh positif sebesar 0,626 (62,6%) dengan kategori baik terhadap prestasi belajar (Y). Pengaruh secara simultan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung 59,958 > Ftabel 3,090 dengan nilai signifikan (sig.) yaitu 0,000 lebih kecil 0,05 dan diperoleh nilai R2 (R square) 0,515 atau 51,5%, dengan demikian dapat disimpulkan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional mempengaruhi prestasi belajar sebesar 51,5% dan sisanya 48,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci :Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI