DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESIAPAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS X SOSIAL DI SMA NEGERI 1 PELAIHARI TAHUN AJARAN 2019/2020
PENGARANG:YULIA SAFARINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


ABSTRAK

YULIA SAFARINA, 2020. Kesiapan Orang Tua pada Pembelajaran Daring Kelas X Sosial di SMA Negeri 1 Pelaihari Tahun Ajaran 2019/2020. (Dibawah bimbingan Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd).

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi dan internet sebagai media pembelajarannya. Dalam proses pembelajaran daring selain kesiapan fasilitas dan kesiapan guru, kesiapan orang tua juga sangat lah mempunyai peranan penting di dalam proses pembelajaran dari rumah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan kesiapan orang tua pada pembelajaran daring kelas X Sosial di SMA Negeri 1 Pelaihari tahun ajaran 2019/2020.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei, dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitan adalah semua orang tua kelas X SMA Negeri 1Pelaihari yang berjumlah129, sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive Sampling dengan accidental. Teknik penelitian ini adalah angket/kuesioner dengan media google form dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) 55,9% orang tua kelas X Sosial di SMA Negeri 1 Pelaihari siap melaksanakan pendampingan pembelajaran daring dari rumah saat pandemi Covid-19 dan 44,1% orang tua kelas X Sosial di SMA Negeri 1 Pelaihari tidak siap melaksanakan pendampingan pembelajaran daring dari rumah (2) 80,6% orang tua orang tua kelas X Sosial di SMA Negeri 1 Pelaihari siap melaksanakan pendampingan pembelajaran daring di era new normal dan 19,4% orang tua kelas X Sosial di SMA Negeri 1 Pelaihari tidak siap melaksanakan pendampingan pembelajaran daring di era new normal.

Saran peneliti dalam penelitian ini adalah diharapkan Hendaknya untuk lebih mempersiapkan untuk membimbing anaknya dalam setiap pembelajaran jarak jauh (daring) agar pembelajaran dirumah lebih efektif. Bagi guru lebih lagi meningkatkan kualitas dalam mengajar dan lebih memberikan motivasi pada siswa untuk belajar lebih giat serta lebih meningkatkan komunikasi kepada orang tua dalam memantau proses belajar anak.

 

Kata Kunci :Kesiapan Orang Tua, Pembelajaran Daring

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI