DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK” (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan)
PENGARANG:M. MUSLIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Pelayanan publik yang selama ini
dianggap masih jauh dari harapan dan keinginan masyarakat Pelayanan yang
diharapkan adalah pelayanan yang cepat, tepat, mudah, transparan, tidak berbelitbelit
dan professional. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi yang diterapkan Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten
Balangan dalam upayanya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang
perizinan.
Hasil penelitian strategi yang diterapkan Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Balangan berupa
Pembangunan Mall Pelayanan Publik, Penyusunan Standar Operasional (SOP),
Penyediaan sarana dan prasarana, Sosialisasi Pelayanan, Maklumat dan Motto
Layanan, e-signature, survey kepuasan masyarakat dan pengembangan sistem
informasi layanan yang menunjukkan kesesuaian dengan teori strategi
peningkatan kualitas pelayanan publik yang dikemukakan Tjiptono (1996). Hal ini
terlihat dari adanya peningkatan pada proses pelayanan bidang perizinan yang
lebih cepat dan mudah. Penempatan pegawai SKPD Teknis makin mempercepat
dan mempermudah layanan. Adanya SOP juga semakin memperjelas kualitas
yang diberikan kepada masyarakat.
Kesimpulan penelitian ini, agar pembangunan Mall Pelayanan Publik
tetap diupayakan pembangunannya, mengingat MPP sangat penting dalam upaya
mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. Sarana dan prasarana dalam
pelayanan publik juga supaya dipenuhi sehingga masyarakat selaku pengguna
layanan merasa nyaman dan puas terhadap layanan yang diberikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI