DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemberitaan Permasalahan Manajemen dan Pelayanan Penumpang Maskapai Lion Air dari Bandara Soekarno-Hatta (Studi Analisis Isi Kualitaif Objektivitas Pers Model Rahmah Ida pada Portal Berita Online Detikcom Edisi 16 Juli sampai dengan 16 Agustus 2016.
PENGARANG:BUDI RONI WIJAYA
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-27


Pers sebagai lembaga yang memiliki fungsi informasi, pendidikan, hiburan
kepada khalayak luas dituntut memiliki nilai penyajian berita aktual, akurat dan
objektif. Tujuan penelitian ini untuk mengatuhui bagaimana objektivitas pers
dalam penyajian informasi yang disajikan portal berita
online Detikcom terkait
pemberitaan permasalahan manajemen dan pelayanan penumpang maskapai Lion
Air dari Bandara Soekarno-Hatta edisi 16 Juli sd 16 Agustus 2016.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif
melalui teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara tak terstruktur dan
studi dokumentasi pada media Online Detikcom. Selanjutnya dianalisis
menggunakan teknik analisis isi kualitatif objektivitas pers model Rahmah Ida.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa media online Detikcom belum
memenuhi syarat-syarat objektivitas pers pada informasi yang disajikan. Syarat
yang belum dipenuhi adalah kriteria akurasi pemberitaan dimana terdapat berita
yang tidak memiliki kesesuaian judul serta faktualitas berita karena wartawan
memasukkan opininya pada informasi tersebut. Pada kriteria
Fairness syarat yang
belum terpenuhi adalah penggunaan narasumber tunggal pada informasi yang
disajikan sehingga berita tersebut tidak seimbang baik dari sumber berita dan
jumlah paragraf. Dari Kriteria validitas keabsahan berita syarat yang belum
terpenuhi adalah Atribusi dimana terdapat kesalahan penulisan jabatan
narasumber berita. Sehingga Detikcom hanya mengejar aktualitas penyajian berita
tanpa melihat sisi objektivitas informasi yang disajikan.


Kata Kunci : Detik.com, Lion Air, Objektivitas Pers

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI