DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN VOKAL DI BAHANA BATARA KABUPATEN BARITO UTARA KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:YOANEVA AISHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


Kata kunci: Pembelajaran, Vokal, Bahana Batara

         Seringnya mengikuti kompetisi-kompetisi vokal, Bahana Batara sudah banyak meraih berbagai prestasi, diantaranya adalah juara 1 lomba lagu daerah pada Festival Budaya Isen Mulang pada tahun 2018 dan 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, selain itu pernah meraih Gold Medal pada Festival Paduan Suara Gita Buana Soedirman (FPS GBS) III 2018 kategori Folklore di Purwokerto. Prestasi tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitan tentang Pembelajaran Vokal di Bahana Batara Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah.
       Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran vokal di Bahana Batara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang hasil datanya diuraikan secara deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang mencakup reduksi, penyajian, dan kesimpulan data.

          Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan, proses pembelajaran dilaksanakan satu kali pertemuan dalam satu minggu. Pembelajaran di Bahana Batara bertujuan untuk melatih dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan vokal. Pada saat penelitian pembelajaran vokal di Bahana Batara, terdapat 15 orang anggota dan seorang pelatih. Pembelajaran berlangsung selama 1 jam 30 menit dalam satu kali pertemuan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media alat musik keyboard. Setiap pertemuan diawali dengan pemanasan vokal terlebih dahulu. Pada pertemuan pertama, pelatih mengajarkan teori dasar vokal yaitu sikap bernyanyi dan wilayah suara dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Pertemuan kedua, pelatih memberikan materi lagu daerah yang berjudul Lebukuh, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode latihan (drill). Pertemuan ketiga, anggota menyanyikan secara individu lagu Lebukuh yang dilanjutkan dengan evaluasi dari pelatih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI