DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Wacana Van Djik pada Tayangan Youtube program Wonderfood NET
PENGARANG:Nita Aprilia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


ABSTRAK

Nita Aprilia, D1C113106, 2021. Analisis Wacana Van Djik pada Tayangan Youtube program Wonderfood NET. Dibimbing oleh Fahrianoor dan Atika Rusli.

Tujuan dari penelitian ini untuk menginterpretasikan suatu teks, peristiwa, proses produksi dan reproduksi dari Analisis Analisis Wacana Van Djik pada Tayangan Youtube program Wonderfood NET.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk, yaitu meliputi tiga dimensi, yaitu dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dan konteks sosial.

Hasil penelitian dari dimensi teks menunjukkan bahwa tema berhubungan dengan judul, skema yang digunakan adalah skema topik, sekamtik latar, latar ditempatkan relatif disetiap tayangan, semantik detail mengontrol informasi yang disampaikan, semantik maksud menunjukkan maksud yang disampaikan pada tayangan. Sintaksis koherensi relatif ada disetiap tayangan, sintaksis bentuk kalimat menujukkan bentuk kalimat aktif. Statistik leksikon menunjukkan angka-angka yang dapat mendukung pernyataan pada setiap tayangan, tapi tidak semua tayangan terdapat angka-angka. Retoris grafis, dalam tayangan wacana adanya pemakaian grafis, retoris metafora tidak ada yang digunakan pada  tayangan. Retoris ekspresi, ditunjukkan tidak disemua tayangan seperti menggunakan ekspresi seperti ungkapan ekspresi penekanan kalimat tertentu. Hasil penelitian dari dimensi kognisi sosial menunjukkan model produksi tayangan berdasarkan skema peristiwa. Hasil penelitian dari dimensi konteks sosial menunjukkan bahwa tayangan dibuat berdasarkan fenomena yang berkaitan dengan kesehatan dimasyarakat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terjadi.

 

Kata Kunci : Analisis wacana model Teun A. Van Dijk, Tayangan Youtube, komunikasi kesehatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI