DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF SISWA PENGGEMAR KOREA WAVE DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING DI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN.
PENGARANG:AYU NUR FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-30


 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah pada perilaku konsumtif yang mereka rasakan. Sehingga diperlukan penanganan untuk mengetahui aktivitas konseli dalam upaya mengurangi perilaku konsumtif menggunakan teknik modeling terhadap siswa penggemar Korea Wave agar dapat lebih selektif lagi membedakan kebutungan dengan keinginan dalam dirinya serta dapat memahami tujuan dari fungsi bimbingan kelompok dengan teknik modeling.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana metode ini digunakan untuk meneliti obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpul data secara triagulasi, analisis data yang bersifat induktif/ kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna dari generalisasi dan penarikan sampelnya menggunakan purposive sampling untuk penarikan sampel. Sampel berjumlah 4 siswa, dilaksanakan dalam dua siklus.

 

Hasil penelitian ini menunjukan adanya keberhasilan aktivitas peneliti dalam pelaksanaan teknik modeling untuk mengurangi perilaku konsumtif siswa penggemar korea wave mengalami peningkatan dari jumlah skor terakhir yaitu pada suklus II. Pada aktivitas peneliti mendapatkan skor 23 dengan persentase 95,83% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada pengurangan perilaku konsumtif menggunakan teknik modeling, memperoleh skor 56 dengan persentase 85,93% dalam kategori berhasil. Pada hasil aktifitas siswa,  meperoleh skor 58 dengan presentase 90.62% dengan kategori sangat aktif. Sehingga keberhasilan penelitian ini dipengaruhi oleh aktivitas peneliti, aktivitas siswa dan teknik modeling, serta kesadaran siswa sehingga dapat membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana tidak diperlukan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI