DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IMAGE DI KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:YUNITA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-30


Dewi, Yunita 2021.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model Pembelajaran IMAGE di Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Suhaimi, M.Pd

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Muatan IPS, IMAGE

 Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam 3 tahun terakhir dimana >50% siswa mendapatkan nilai <65 (KKM) yang disebabkan oleh pembelajaran tidak menggali pada keseharian siswa, siswa tidak mampu berpikir logis dan kritis, tidak mampu berpikir inkuiri reflektif, dan siswa tidak memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetisi dalam kelas. Jika dibiarkan, maka mengakibatkan proses dan hasil  pembelajaran IPS di sekolah dasar tidak akan mengalami peningkatan. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim menggunakan Kombinasi Model Inkuiri, Mind Mapping, dan Make a Match.

Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian yakni siswa kelas VB tahun ajaran 2020/2021 di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria seluruh siswa sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni ≥82% siswa mencapai ketuntasan 100%.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Inkuiri, Mind Mapping, dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan kepada guru agar menjadikan hasil penelitian sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pada materi Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim menggunakan kombinasi model Inkuiri, Mind Mapping, dan Make a Match.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI