DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TEKNIK PERMAINAN ALAT MUSIK TRADISIONAL SENSAPI DI MASYARAKAT DAYAK DEAH UPAU KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:JANICE TRIONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-01


ABSTRAK

 

 

Triono, Janice, 2021. Teknik Permainan Alat Musik Tradisional Sensapi DiMasyarakat Dayak Deah Upau Kabupaten Tabalong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan. Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Maryanto, M.Sn. (II) Muhammad  Najamudin, M.Pd.

 

 

Kata kunci: Teknik Permainan, Organologi, Sensapi

Sensapi adalah alat musik tradisional petik yang menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui petikan yang berasal dari masyarakat Dayak Deah,Sensapi memiliki peran penting dalam musik sensapi sebab menjadi pembeda dimana pembawa melodi sendiri hanya di mainkan oleh alat musik sensapi dan kekhasan  permainan sensapi yang hanya diketahui oleh pemain sensapi saja, Sebelum kita mengenal teknik permainan sensapi kita harus mengenal bagaimana organologi instrumen sensapi dan teknik dalam permainan instrumen sensapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik permainan alat musik tradisional sensapi di masyarakat Dayak Deah Upau Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun alat bantu yang digunakan dalam penelitian adalah kamera handphone untuk merekam suara dan mengambil gambar.Teknik analisis data diperoleh melalui metode analisis model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa organologi meliputi, Bahan dasar instrumen dengan menggunakan kayu sembalik angin. Bentuk instrumen sensapi menyerupai perahu, dan tidak memiliki standarisasi mengenai ukuran instrumen, Pembahasan mengenai organologi mencakup beberapa perihal yang perlu dicermati yaitu bahan dasar instrumen, wujud dan dimensi, bagian-bagian instrumen, dan produksi nada. Teknik memainkan instrumen sensapi adalah dimainkan dengan duduk selempaki dan belunjur. Di bunyikan dengan dipetik, tangan kanan dan tangan kiri menekan nada nada pada grip. Tuning yang digunakan untuk instrumen sensapi bergantung kebutuhan pemain yang ingin memainkannya, Teknik memetik (picking). Sensapi memiliki peran dalam musik sensapi sebagai melodi.Pemain Musik sensapi  memainkan melodi lagu yang diringi syiar untuk di lantunkan dalam musik sensapi umumnya untuk menunjukkan pembukaan upacara, kegiatan adat baliant serta penutupan upacara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI