DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BENTUK PENYAJIAN MUSIK TARBANG SYEKH SAMMAN AL-MADANI MAJELIS TA'LIM AR-RAUDAH KELURAHAN KOTABARU TENGAH KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:TIARA DEWI AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-01


Kata Kunci: bentuk penyajian, musik tarbang

Syekh Samman al-Madani dikenal oleh masyarakat muslim Kalimantan Selatan dengan ajaran Tarekat Sammaniyah. Dengan ajaran beliaulah sehingga Syekh Samman al-Madani dianggap guru mulia oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Zikir yang sampai sekarang kita biasa lihat dan ikuti dihaulan-haulan ulama besar di Kalimantan Selatan itu merupakan ajaran Tarekat Sammaniyah dari Syekh Samman al-Madani yang diturunkan ke K.H Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari hingga turun ke K.H Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul).

Dalam acara haulan Syekh Samman al-Madani atau hari memperingati wafatnya beliau selalu diadakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan dengan menggunakan Tarbang Syekh Samman al-Madani, salah satunya yaitu Majelis Ta’lim Ar-Raudah Kelurahan Kotabaru Tengah Kabupaten Kotabaru. Acara haulan tersebut biasanya dilaksanakan di Musholla Al-Hidayah Fajar atau dirumah-rumah warga sekitar dimulai dengan pembacaan Maulid Habsyi barulah nantinya dibawakan syair puji-pujian kepada Syekh Samman al-Madani. Syair yang dibawakan Ya Syaikhona Ya Samman dan Syailillah dengan iringan musik tarbang syekh samman al-madani.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bentuk Penyajian Musik Tarbang Syekh Samman al-Madani Majelis Ta’lim Ar-Raudah Kelurahan Kotabaru tengah kabupaten kotabaru. Menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu data-data yang diperlukan memerlukan kesesuaian dengan yang ada dilapangan bukan hasil rekayasa atau manipulasi data. Data yang diperoleh ditulis dengan kalimat-kalimat tidak dengan angka.

Hasil dari penelitian ini meliputi: Pelaksanaan dari Haulan Syekh Samman al-Madani, Bentuk dan Struktur Penyajian terdiri dari waktu penyajian, tempat penyajian, jumlah pemain dan formasi. Alat musik yang digunakan terdiri dari tarbang tingkahan, tarbang gerinci dan tarbang gulungan. Serta terdapat Urutan Penyajian, Melodi, Ritme, Tempo dan Dinamika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI