DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pikiran Pokok Dalam Teks Agak Panjang Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Variasi Dengan Numbered Heads Together (NHT) Kelas 4 SDN Mandikapau Timur Kabupaten Banjar
PENGARANG:NURSULISTYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-14


 

ABSTRAK

 

Nursulistyani. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pikiran Pokok Dalam Teks Agak Panjang Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Variasi Dengan Numbered Heads Together (NHT) Kelas 4 SDN Mandikapau Timur Kabupaten BanjarSkripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci: Hasil Belajar,Menentukan pikiran pokok, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Variasi dengan Numbered Head Together (NHT).

 

Permasalahan dalam pengajaran bahasa Indonesia di SDN Mandikapau Timur Kabupaten Banjar meliputi rendahnya hasil belajar siswa,ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta kurangnya minat siswa dalam membaca sehingga siswa tidak memahami dan mencerna suatu bahan bacaan serta membuat siswa bosan dan malas dalam mengikuti pelajaran yang diberikan. Sebab dalam proses pembelajaran yang kurang menarik, guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang pada prosesnya hanya didominasi oleh guru, penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif, dan media seadanya. Melalui Model PembelajaranCIRCvariasi dengan NHT guru dapat memberikan pengalaman belajar lebih bermakna dan menarik bagi siswa dalam memahami suatu bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menentukan pikiran pokok dalam teks agak panjang melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) variasi dengan Numbered Heads Together (NHT).

 

Metodologi penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri 2x pertemuan. Setting penelitiannya dilakukan di kelas IV SDN Mandikapau Timur yang beralamat di Jl. Seloka Indah Desa Mandikapau Timur Tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Langkah-langkah dalam pelaksanaan ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes evaluasi baik secara individu maupun kerja kelompok.

 

Berdasarkan dari kesimpulan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran CIRCvariasi dengan NHT telah terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran secara klasikal meningkat dalam kriteria sangat aktif serta hasil belajar meningkat dalam pembelajaran menentukan pikiran pokok di kelas 4 SDN Mandikapau Timur Kabupaten Banjar.

 

Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru menjadikan model CIRC variasi NHT dalam proses pembelajaran sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa, dan peningkatan keaktifan siswa baik secara individu maupun kelompok, serta peningkatan mutu pembelajaran.

 

 

 

         

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI