DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESESUAIAN MATERI IPS TENTANG DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA KELAS VII SEMESTER I DENGAN KOMPETENSI DASAR
PENGARANG:NURUL FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-01


Nurul Fatimah. 2021. Kesesuaian materi IPS tentang dinamika kependudukan Indonesia kelas VII semester I dengan kompetensi dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Deasy Arisanty, M.Sc dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

Buku teks peserta didik kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 revisi  2017  pada tema manusia, tempat, dan lingkungan dengan materi dinamika kependudukan Indonesia perlu dilakukannya penambahan dan pengembangan materi pembelajaran. Materi tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik untuk memenuhi kompetensi dasar ingin dicapai.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi IPS tentang dinamika kependudukan Indonesia kelas VII semester I dengan  kompetensi dasar dalam buku teks pegangan peserta didik. Penelitian ini dilakukan analisis pencarian data-data sebagai hasil penelitian yang bersumber dari skripsi, jurnal, dan artikel ilmiah  yang relevan. Studi literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber jurnal, ebook, buku, ataupun tugas akhir yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

Berdasarkan hasil penelitian 1) materi pembelajaran IPS tentang dinamika kependudukan Indonesia terdapat 4 pembahasan materi yakni jumlah penduduk, persebaran penduduk, pertumbuhan penduduk dan kualitas penduduk, dan keragaman etnik dan budaya. Berdasarkan buku Suwito terdapat gambar piramida dan ciri-ciri piramida, Badan Pusat Statistik terdapat tabel dan gambar jumlah penduduk Indonesia yang terupdate. Materi pembelajaran IPS disajikan berdasarkan kebutuhan peserta didik, 2) kompetensi dasar berperan penting dalam menentukan kesesuaian materi pembelajaran yang disajikan. Kesesuaian materi dinamika kependudukan Indonesia sudah sesuai dengan kompetensi dasar 3.1 dan 4.1, tetapi materi IPS dalam buku teks ini tidak memuat berdasarkan lingkungan peserta didik. 

Simpulan buku teks peserta didik sudah sesuai kompetensi dasar, karena sudah memuat gambaran umum materi pembelajaran yang berkaitan dengan dinamika kependudukan Indonesia. Penyajian materi dalam  buku teks ini sudah jelas dan adanya aktivitas individu ataupun aktivitas kelompok yang berpusat kepada peserta didik, meskipun buku teks tersebut tidak terdapat pembahasan berkaitan dengan  lingkungan peserta didik. Guru dapat menambahkan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Kata : Kesesuaian materi IPS, dinamika kependudukan Indonesia, kompetensi dasar.Nurul Fatimah. 2021.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI