DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMASARAN IKAN TOMAN (Channa micropeltes) DI KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ALISTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-01


Provinsi Kalimantan Selata. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan jenis datanya bersifat kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data berdasarkan survei dan observasi, wawancara serta dokumentasi. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling, pengambilan sampel responden menggunakan metode sensus serta metode snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Analisis data yang digunakan adalah (a) analisis saluran pemasaran, (b) analisis margin pemasaran serta (c) analisis Farmer’s share. Hasil analisis memperlihatkan bahwa : (a) saluran pemasaran terdiri dari 2 pola yaitu, pada saluran pemasaran I dimulai dari pembudidayaðPedagang Pengumpulðkonsumen akhir dengan nilai presentasinya sebesar 20% dan pada saluran pemasaran II dimulai dari pembudidayaðPedagang Pengumpulðpedagang pengecerðkonsumen akhir dengan nilai presentasinya sebesar 80%, saluran ini tergolong panjang dikarenakan ada beberapa lembaga yang bekerjasama seperti pedagang pengumpul dan pengecer, (b)  Besarnya margin pemasaran berdasarkan harga jual dan harga beli pada pola saluran 1 sebesar Rp 5.850 dan pola saluran 2 sebesar Rp 7.850.  Margin berdasarkan harga pokok yaitu sebesar 11,5% (pengumpul), 26,9% (pengecer) dan margin berdasarkan harga eceran  sebesar 9% (pengumpul), 12,1% (pengecer). (c) Nilai farmers share yang diterima pembudidaya yaitu sebesar 78,8% dapat dikatakan efisien karena nilainya lebih dari ≥50% jadi usaha budidaya ikan toman bisa dikembangkan dan dilanjutkan.

Kata Kunci : Budidaya, Ikan Toman, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran dan Farmer’s share.

 

ABSTRACT

The research’s objective is to toman fish marketing (Channa micropeltes) At Lake Panggang Sub-District Hulu Sungai Utara Regency South Kalimantan Province. Data Source that used is primer data and secondary data,while data type have the quality of qualitative and quantitative. Data collection based on survey and observation, interview as well as documentation.Location on this research determined using purposive sampling method, Sampling respondent using sensus method as well as Snowball Sampling method for Marketing agency . Analysis data that used is (a) anlysis marketing flow,( b ) anlysis marketing margin as well as ( c ) anylsis Farmer’s Share. Results analysis shows that : ( a ) marketing flow consist on 2 pattern which, on market flow I started from cultivator > collector merchant > Final Consumer with presentation value in the amount of 20% and on marketing flow II started from cultivator > collector merchant > retail merchant > final consumer with presentation value in the amount of 80%, this flow classified quite long because theres some agency/institution that working together as collector merchant and retail merchant, (b) The magnitude marketing of marketing margin based on sale price and buy price from flow pattern 1 in the amount of Rp 5.850 and flow pattern 2 in the amount of Rp 7.850. Margin based on based price that is  in the amount of 11,5% (Collector), 26,9% (Retail) and margin based on retail price in the amount of 9% (collector), 12,1%(retail). (c) Farmers share value that cultivator accepted that is in the amount of 78,8% can e said efficient because the value more than >50% thus cultivation toman fish business can be developed and continued.

                                  Keywords : Aquaculture, toman fish, marketing channels, marketing  margins and farmer’s share.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI