DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN USAHA ABON IKAN GABUS (Channa striata) (STUDI KASUS RUMAH INDUSTRI SEKUMPUL) DI KELURAHAN SEKUMPUL KACAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SYARIFAH RAHMAH DHANIAH-1537
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-02


ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN USAHA

ABON IKAN GABUS  (Channa striata) (STUDI KASUS  RUMAH INDUSTRI SEKUMPUL)  DI KELURAHAN SEKUMPUL KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

ANALYSIS OF MARKETING EFFICIENCY AND BUSINESS PROFITS OF CORK SHREDDED FISH (Channa Striata) ( CASE STUDY A GROUP OF  INDUSTRIAL HOUSE) IN SEKUMPUL VILLAGE

MARTAPURA SUBDISTRICT BANJAR DISTRICT SOUTH KALIMANTAN PROVINCE

 

Syarifah Rahmah Dhaniah1, Emmy Lilimantik2 dan Tri Dekayanti2

 

 

 1Mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan

2 Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan

Coresponding email : (mahdaniaalhabsyi13@gmail.com)

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran dan keuntungan usaha abon ikan gabus (Channa striata) di Rumah Industri Sekumpul Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling, pengambilan sampel responden menggunakan metode sensus serta metode snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, analisis Farmer’s share dan analisis keuntungan. Hasil analisis memperlihatkan bahwa saluran pemasaran terdiri dari 2 pola yaitu, pada pola saluran I, konsumen akhir berasal dari masyarakat setempat yang membeli secara langsung/offline, dan luar daerah yaitu dari Tekisung, Bogor dan Palangkaraya yang membeli secara online dan pada pola saluran II hanya berasal dari dalam daerah, untuk dari luar daerah tidak ada. Pola saluran pemasaran yang terbanyak yaitu berada pada pola saluran ke II, sebesar 62,96%. Besarnya margin pemasaran sebesar  Rp. 5.000,00 untuk ukuran kemasan 65 gr dan sebesar Rp. 8.000,00 untuk ukuran kemasan 100 gr. Nilai Farmer’s share adalah sebesar 88,90% untuk ukuran kemasan 65 gr dan sebesar 87,70% untuk ukuran kemasan 100 gr. Besarnya nilai keuntungan usaha abon ikan gabus diperoleh sebesar Rp. 13. 882.158,00/bulan, nilai R/C 1,50.  Pengolahan abon ikan Gabus di Kelurahan Sekumpul menguntungkan dan layak untuk dikembangkan.

 

 

Kata Kunci : Abon ikan gabus, Rumah Industri Sekumpul, Efisiensi pemasaran, Keuntungan.

ANALYSIS OF MARKETING EFFICIENCY AND BUSINESS PROFITS OF CORK SHREDDED FISH (Channa Striata) ( CASE STUDY A GROUP OF  INDUSTRIAL HOUSE) IN SEKUMPUL VILLAGE

MARTAPURA SUBDISTRICT BANJAR DISTRICT SOUTH KALIMANTAN PROVINCE

 

Syarifah Rahmah Dhaniah1, Emmy Lilimantik2 dan Tri Dekayanti2

 

 

 1Mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan

2 Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan

Coresponding email : (mahdaniaalhabsyi13@gmail.com)

ABSTRACT

This study aims to determine the marketing efficiency and business profits of shredded cork fish (Channa striata) at the Sekumpul Industrial House, Sekumpul Village, Martapura District, Banjar Regency, South Kalimantan Province. The data used are primary data and secondary data, while the data collection method uses the method of observation, interviews and documentation. The research location was determined using the purposive sampling method, the respondent sample was taken using the census method and the snowball sampling method for marketing institutions. The data analysis used is marketing channel analysis, marketing margin analysis, profit sharing analysis and profit analysis. The results of the marketing channel analysis consist of 2 patterns, namely, in the channel I pattern, the final consumer comes from the local community who buys directly/offline, and outside the region, namely from Tekisung, Bogor and Palangkaraya who buys online and in the channel II pattern only comes from within the area, for from outside the area there is none. The largest marketing channel pattern is in the second channel pattern, amounting to 62.96%. The amount of the marketing margin is Rp. 5,000.00 for a packaging size of 65 gr and Rp. 8,000.00 for 100 gr packaging size. Farmer's share value is 88.90% for the 65 gr package size and 87.70% for the 100 gr package size. The value of the profit from the business of shredded cork fish is Rp. 13. 882,158.00/month, R/C value 1.50. Processing of shredded cork fish in Sekumpul Village is profitable and feasible to develop.

 

 

Keywords : Shredded cork fish, Sekumpul Industrial House, Marketing Efficiensy, Profit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI