DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (KB) KURANJI BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MIRZA NOVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-02


 

ABSTRAK

 

Mirza Noviani. 2020. Kampung Keluarga Berencana (KB) Kuranji Banjarbaru Sebagai Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy M.Pd.

 

Kuantitas penduduk yang besar dengan pertumbuhan yang cepat serta diiringi dengan kualitas rendah mempersulit tercapainya tujuan pembangunan dan menjadi masalah kompleks di negara berkembang seperti Indonesia.Peran dan program pemerintah Indonesia untuk pengendalian masalah penduduk ialah adanya fokus program Keluarga Berencana (KB) diantaranya dibangun Kampung KB Kuranji Landasan Ulin dengan tujuan mewujudkan kualitas dan kesejahteraan keluarga kecil. Kampung KB Kuranji tersebut dapat dijadikan sumber belajar dengan mengintegrasikannya dalam bidang IPS. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan profil Kampung KB Kuranji Landasan Ulin. 2) Mendeskripsikan bentuk pelaksanaan program Kampung KB Kuranji Landasan Ulin. 3) Menganalisis implikasi Kampung KB Kuranji sebagai Sumber belajar IPS.

 

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan aktivitas pengrajin secara holistik.Data yang sudah terkumpul di lapangan didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Peneliti kemudian melakukan uji keabsahan data triangulasi (waktu, teknik, dan sumber), member check, dan perpanjangan pengamatan.

 

Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) Kampung KB Kuranji  Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin  Kota Banjarbaru provinsi Kalimantan Selatan salah satu dari  Kampung KB yang terintegrasi dengan beberapa kegiatan program KKBPK, diantaranya Bina Keluarga Balita, Bina keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera. 2) Bentuk aktivitas masyarakat Kampung KB Kuranji kelurahan Guntung Manggis kecamatan Landasan Ulin adanya Paud Handayani, Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Usaha Peningkatan Keluarga Sejahtera. 3) Aktivitas yang ada di Kampung KB Kuranji Banjarbaru dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS ke dalam materi dinamika kependudukan serta interaksi sosial pada kelas VII.

 

 

 

Kata Kunci: Kampung KB Kuranji, Program KB, Sumber Belajar IPS.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI