DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PUSAT-PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (MATERI PEMBELAJARAN IPS KELAS IX SEMESTER II)
PENGARANG:INDRA MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-02


 

ABSTRAK

Indra Maulana. 2021. Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Masyarakat (Materi Pembelajaran IPS Kelas IX Semester II). Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas M.Pd., dan pembimbing II: Jumriani M.Pd.

Materi pembelajaran harus memberikan sumbangsih terhadap pemahaman peserta didik dalam proses belajar mengajar. Konten lokal diperlukan dalam mata pelajaran diantaranya adalah ilmu ekonomi yang ikut berkontribusi bagi mata pelajaran IPS dalam aspek produksi, distribusi dan konsumsi. Konsep tersebut dikembangkan secara khusus diantaranya berkaitan dengan  pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia. Materi yang disajikan menggunakan muatan lokal itu baik di dalam pembelajaran. Namun dalam buku teks, konten lokal didominasi bahasan umum.

Tujuan dari  penelitian ini adalah mendeskripsikan definisi pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia, mendeskripsikan jenis-jenis keunggulan ekonomi, dan mendeskripsikan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. Studi literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku ataupun ebook yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

Berdasarkan hasil dalam penelitian, pusat-pusat keunggulan ekonomi dimaknai sebagai peranan penting pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui penajaman orientasi pembangunan yang berfokus pada prioritas sektor unggulan di daerah masing-masing yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, jenis-jenis keunggulan di setiap daerah di Indonesia menunjang perekonomian masyarakat, sektor yang mampu mendorong kegiatan ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan di suatu daerah yaitu melalui produksi, ekspor dan penciptaan lapangan kerja, pengaruh keunggulan ekonomi menekan adanya suatu perubahan didalam masyarakat diantaranya adanya perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya, transportasi, lembaga sosial ekonomi, pendidikan, serta berpengaruh terhadap pekerjaan masyarakat di suatu daerah.

 

Kata kunci: Ilmu ekonomi, keunggulan ekonomi, kesejahteraan masyarakat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI