DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIAN KOMPETENSI DASAR DENGAN MATERI MASA KEMERDEKAAN INDONESIA (1945-1950)
PENGARANG:MUHAMMAD IRWANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-02


ABSTRAK

Muhammad Irwansyah 2021. Analisis Kesesuaian Kompetensi Dasar dengan Materi Masa Kemerdekaan Indonesia (1945-1950). Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA. dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

 

Kelayakan isi buku teks siswa IPS SMP sangat penting karena buku merupakan alat untuk menyampaikan materi. Penilaian dalam hal kelayakan isi, ada tiga indikator yang harus diperhatikan satu diantaranya yaitu kesesuaian uraian materi dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD). Materi pada buku siswa IPS SMP Kelas IX Revisi 2018 sub tema Masa Kemerdekaan 1945-1950 yang digunakan oleh peserta didik hanya berisi materi umum dan perlu pengembangan materi pembelajaran dari berbagai buku referensi atau literatur-literatur lain khususnya dalam menyajikan contoh-contoh konten lokal, agar materinya bervariasi sehingga peserta didik benar-benar termotivasi untuk mempelajarinya dan menggali kedalaman isi materi secara mendalam agar menambah wawasan sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan peserta didik.

Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan materi masa kemerdekaan Indonesia (1945-1950) dan menganalisis kesesuaian kompetensi dasar dengan materi masa kemerdekaan Indonesia (1945-1950). 2) Studi literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku ataupun ebook dan tugas akhir (skripsi, tesis, disertasi) yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

Hasil penelitian materi IPS tentang masa kemerdekaan Indonesia (1945-1950) terdapat enam pembahasan materi yaitu 1). Proklamasi kemerdekaan (persiapan kemerdekaan, peristiwa rengasdengklok, perumusan teks proklamasi, proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945). 2). Terbentuknya NKRI (Pengesahan UUD 1945, pemilihan presiden dan wakil presiden, pembagian wilayah, (pembentukan kementerian, komite nasional, partai nasional, BKR) 3). Perjuangan mempertahankan kemerdekaan (perjuangan fisik dan diplomasi) 4). Politik Indonesia pada masa kemerdekaan (perubahan fungsi KNIP, sistem pemerintah, kepartaian) 5). Ekonomi Indonesia pada masa kemerdekaan (upaya mengatasi hiperinflasi, blokade ekonomi belanda, penyelenggaraan konferensi ekonomi) 6). Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kemerdekaan (Kehidupan sosial masyarakat, pendidikan, kebudayaan). Pembelajaran memerlukan keterampilan guru dengan menjelaskan pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang berkaitan dengan sumber yang ada dilingkungan sekitar peserta didik yang memuat kearifan lokalnya.

 

Kata Kunci: Pendidikan IPS, Kemerdekaan, Kompetensi Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI