DIGITAL LIBRARY



JUDUL: DETERMINAN LAMANYA WAKTU PENYELESAIAN AUDIT (AUDIT DELAY) (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019)
PENGARANG:NOOR APITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-02


ABSTRAKSI

Noor Apita (2021). Determinan Lamanya Waktu Penyelesaian Audit (Audit Delay) (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Pembimbing: Dr. Sarwani, Drs, M.Si, Ak, CA, CPA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis serta menguji bagaimana pengaruh profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, ukuran KAP, dan laba rugi perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019.

Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 149 perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dapat diakses melalui website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) berupa laporan keuangan tahunan yang memuat laporan auditor independen selama periode penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah Purposive samping.

Dengan metode tersebut didapatkan sampel sebanyak 96 perusahaan dengan periode pengamatan 3 tahun (2017-2019) Jumlah sampel yang digunakan sebesar 263. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda, uji R2, uji F dan uji t dengan menggunakan software SPSS (Statistical Package for the Social Science) versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit delay. (2) Solvabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay. (3) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit delay. (4) Ukuran KAP tidak berpengaruh terhadap audit delay. (5) Laba Rugi berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit delay.

Kata Kunci : Audit Delay, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan,Ukuran KAP, dan Laba Rugi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI