DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF MENGENAI SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS VIII B SMPN 31 BANJARMASIN
PENGARANG:MILFA MUZAKIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-03


Milfa Muzakiah 2020, Studi Deskriptif mengenai self esteem pada siswa kelas VIII B SMPN 31 Banjarmasin

 

Pembimbing : (I) Dr. Nina Permatasari, S. Psi, M. Pd (II) Muhammad Arsyad, M. Psi, Psikolog

 

Kata Kunci : Self Esteem

            Penelitian ini bertujuanyaitu untuk mendeskripsikan gambaran Self Esteem Pada Siswa kelas VIII B SMPN 31 Banjarmasin.Self Esteem adalah penilaian seseorang secara subjektif terhadap dirinya sendiri, sebagai evaluasi diri baik berupa penilaian negatif maupun positif yang akhirnya menimbulkan perasaan bahagia, kepercayaan diri, dan kebergunaan diri dalam menjalani hidup. ditemukan beberapa siswa yang memiliki self esteem yang rendah, terutama pada kelas VIII B. Mereka tidak menghargai hasil kerjanya sendiri, sering meminta bantuan orang lain, menghindar bila diberikan tanggung jawab dan tantangan, serta mudah terpengaruh orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Instrumen pengumpulan  data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi.

            Self Esteem rendah ditandai dengan siswa tidak berani mencari tantangan baru dalam hidupnya, lebih senang menghadapi hal-hal yang sudah dikenal dengan baik serta menyenangi hal-hal yang tidak penuh dengan tuntutan, cenderung tidak merasa yakin akan pemikiran-pemikiran serta perasaan yang dimilikinya, cenderung takut menghadapi respon dari orang lain, tidak mampu membina komunikasi yang baik dan cenderung merasa hidupnya tidak bahagia. Sedangkan, Self Esteem tinggiyaitu bangga dengan hasil kerjanya, bertindak mandiri, mudah menerima tanggung jawab melakukan tugas dan kewajiban sebagaimana yang harus dilakukan.

Hasil penelitian ini menunjukkan Bahwa siswa mengalami self esteem yang rendah tetap siswa tersebut tidak merasa minder karena menganggap setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Siswa menjadi tidak mau membandingkan dirinya dengan orang lain, karena membandingkan diri kita dengan orang lain akan membuat kita tidak percaya diri dan beryukur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI