DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN HIAS (STUDI KASUS GUDANG IKAN HIAS AL RAZY) DI KELURAHAN MENTAOS KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN.
PENGARANG:PAJAR PARDIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-03


ABSTRAK

ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN HIAS (STUDI KASUS GUDANG IKAN HIAS AL RAZY) DI KELURAHAN MENTAOS KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Efficiency Analysis Of Ornamental Fish Marketing (Case Study Of Al Razy Ornamental Fish Warehouse) In Mentaos North Banjarbaru District of Banjarbaru City, South Kalimantan Province

Pajar Pardian1, Emmy Sri Mahreda2 dan Ahmadi2

Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan 1

(email: ahoinyaide34@gmail.com)

Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat2

ABSTRAK

Usaha Gudang Hias Al Razy mengalami peningkatan dimasa pandemi sehingga yang menjadi inti permasalahannya adalah saluran dan margin pemasaran yang memperkuat penjualan ikan hias di tempat Usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan: 1. Menganalisis saluran pemasaran usaha ikan Hias Al Razy di kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, 2. Menganalisis mergin tataniaga usaha ikan hias Al Razy, 3. Menganalisis besar bagian (share) harga yang diterima oleh usaha ikan hias, 4. Menganalisis kelayakan usaha ikan Hias Al Razy. Metode yang digunakan yaitu snowball sampling, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian untuk analisi saluran pemasaran, Pola I Pembudidaya →

Place marker(place marker  adalah pedagang pengumpul besar)→ Konsumen Akhir.  Pola II Pembudidaya → Place marker → Agen Pedagang pengecer       Konsumen Akhir. Analisis margin pemasaran, Pola pemasaran 1 yaitu jenis ikan Cupang Rp. 2.000 Ikan Arwana Rp. 90.000 ikan Koi Rp 1.000 dan ikan guppy Rp. 1.500 ditingkat place marker. Pola Pemasaran 2, ikan Cupang Rp. 1.000 Rp. 1.000 dan Rp 500 Ikan Arwana Rp 70.000 Rp 20.000 dan Rp. 30.000. Ikan Koi Rp. 500, Rp. 500 dan Rp. 1.500 ikan Guppy Rp 1.000, Rp. 500 dan Rp 1.000 di tingkat Place marker,agen dan pedagang pengecer. Bagian harga (Farmer’s share) ikan cupang 77%, ikan Arwana 88%, ikan Koi 80% dan ikan Guppy 80% dikatakan efisien kerena nilainnya lebih 50%. Analisis kelayakan usaha, Analalis keuntungan Rp. 223.925.000, R/C ratio 1,32, maka layak untuk dilanjutkan.

 

 

Kata kunci : Efisiensi pemasaran, Gudang Hias Al Razy, ikan hias.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI