DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIII DI KABUPATEN TANAH LAUT TERHADAP KETERSEDIAAN HARA N TANAH DAN SERAPAN HARA N TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) PADA TANAH ULTISOL
PENGARANG:M. FAHMI RIZALDI
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-02-27


M. Fahmi Rizaldi. Pengaruh Pemberian Limbah Cair Kelapa Sawit PT. Perkebunan Nusantara XIII di Kabupaten Tanah Laut terhadap Ketersediaan Hara N Tanah dan Serapan Hara N Tanaman Sawi (Brasicca juncea L.) pada Tanah Ultisol, di bawah bimbingan Ir. Muhammad Mahbub, M.P. dan Nofia Hardarani, S. P., M.Si.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian pupuk LCPKS terhadap ketersediaan hara N dalam tanah dan kandungan N dalam tanaman sawi pada tanah ultisol. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan 5 perlakuan dosis LCPKS yaitu 80, 160, 240, 320 kL/ha dan Kontrol (tanpa LCPKS). Penelitian ini dilaksanakan sejak Mei-September 2017 di Rumah Kaca Jurusan Agronomi Banjarbaru Dan Laboratorium Fisika dan Kimia Jurusan Tanah.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada dosis LCPKS 160 kL/ha memberikan hasil terbaik pada variabel tinggi tanaman, N-tanah (NH4+, NO3-) dan KTK. Tanpa pemberian limbah cair pabrik kelapa sawit memberikan hasil terbaik pada berat basah dan berat kering tanaman, pH tanah serta serapan N dibandingkan dengan pemberian limbah cair pabrik kelapa sawit, karena pemberian limbah tersebut dapat meningkatkan pH lebih dari netral (pH>6). Nilai pH tanah berkorelasi positif terhadap N tanah, namun berkorelasi negatif dengan berat kering, serta N tanah berkorelasi negatif dengan serapan N sedangkan berat basah berkorelasi positif terhadap berat kering tanaman sawi. LCPKS ini cocok digunakan pada tanah yang masam dengan pH yang kurang dari 6.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI