DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah dan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong
PENGARANG:SRI NUR RAHMIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-06


Sri Nur Rahmida (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah dan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong di bawah bimbingan H. Alfian Misran, SE, M.Si, Ak, CA.

?Penelitan ini dilakukan untuk menguji (1) pengaruh penerapan system informasi manajemen daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah; (2) untuk menguji pengaruh kinerja aparatur pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

?Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna system informasi manajemen daerah yang terdiri dari 2 orang dari setiap satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Tabalong. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Random Sampling. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini adalah 80 orang.Untuk penelitian ini analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan alat program statistic (SPSS 26), setelah uji asumsi klasik terpenuhi. 

?Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh penerapan system informasi manajemen daerah terdapat pengaruh positif dengan tingkat signifikansi 91,1% terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tabalong sedangkan pengaruh kinerja aparatur pemerintah daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tabalong. Di dalam penelitian tersebut dapat diketahui bahwa hanya ada satu variabel yang paling dominanyaitu kinerja aparatur pemerintah daerah (X2) dan berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (Y).

Kata Kunci :

Sistem Informasi Manajemen Daerah, Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI