DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI PELAYANAN E-KTP BERBASIS APLIKASI DUKCAPIL BANJARBARU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD AKMAL RAFSANJANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-07


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan model pelayanan publik yang dilakukan melalui aplikasi ataupun web browser, hal itu pun membuat Disdukcapil Kota Banjarbaru berinovasi dengan membuat Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile untuk mempermudah pengurusan dokumen administrasi kependudukan khususnya E-KTP. Ditambah lagi dengan adanya pandemi COVID-19 sejak bulan Maret 2020 membuat aplikasi ini menjadi kebutuhan utama masyarakat di Kota Banjarbaru.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui inovasi pelayanan E-KTP berbasis Aplikasi Dukcapil Mobile, 2) Mengetahui faktor penghambat inovasi pelayanan E-KTP berbasis Aplikasi Dukcapil. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Disdukcapil Kota Banjarbaru. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pelayanan E-KTP berbasis Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile yang dibuat oleh Disdukcapil Kota Banjarbaru sudah berjalan dengan baik dan sudah memenuhi kriteria atribut inovasi (relative advantage, compability, compexity, triability, dan observability) yang dikemukakan oleh Rogers dalam Suwarno. Namun dalam penelitian ini terdapat faktor penghambat yaitu faktor koneksi jaringan yang tidak stabil dan faktor keterbatasan pengetahuan masyarakat terhadap teknologi.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bahwa sebaiknya Disdukcapil Kota Banjarbaru melakukan sosialisasi secara langsung dengan mendatangi ke masing-masing kelurahan yang ada di Kota Banjarbaru dan sosialisasi dengan sosial media agar masyarakat bisa cepat mengetahui pelayanan E-KTP melalui Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil Kota Banjarbaru terlebih dahulu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI