DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Penggunaan Air Tanah Dangkal pada Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:SA`UD LUKMAN HAKIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-08


STUDI PENGGUNAAN AIR TANAH DANGKAL
PADA KECAMATAN
KURAU
KABUPATEN TANAH LAUT

 

Sa’ud Lukman Hakim

Teknik sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mamgkurat

Koresponden penulis: Lukmansaud@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Air tanah dangkal adalah air yang berada di bawah permukaan tanah. Air tanah dangkal seringkali digunakan masyarakat dengan cara membuat sumur dangkal yang untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga. Dengan minimnya sebaran air PDAM membuat warga di Kecamatan Kurau sebagian besar masih menggunakan sumur dangkal untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga. Pada penelitian ini akan dianalisa besarnya penggunaan air, kebutuhan air, dan kualitas air tanah dangkal pada Kecamatan Kurau.

Pengambilan data di lapangandilakukan dengan membagikan kuesioner dan mewawancarai warga di 60 RT  yang ada di Kecamatan Kurau.  Dilakukan pengambilan satu sampel air disetiap desa untuk diteliti lebih lanjut di Laboratorium menggunakan alat U-50 Horiba.

Hasil analisis dapat dilihat kebutuhan air tanah dangkal di Kecamatan Kurau sebesar 139 liter/orang/hari. Dilakukan pengujian pada kualitas airnyajika digunakan sebagai bahan baku air minum menurut nilai kekeruhan (NTU) dan Jumlah Zat Padat Terlarut (TDS) dinyatakan memenuhi, sedangkan menurut nilai derajat keasaman (pH) ada1 desa yang tidak memenuhi yaitu Desa Srikandi.




Kata Kunci: Air Tanah Dangkal, Kebutuhan Air, Kualitas Air, Kurau

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI