DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL MATA
PENGARANG:NOVIA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-13


Amalia Novia. 2021. “Mengembangkan Motivasi dan Aktivitas belajar Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model MATA” Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

Kata Kunci : Talking Stick, Make A Match, Cognitive Aspects,

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran mengenal lambang bilangan masih terdapat anak yang memiliki masalah motivasi,aktivitas dan kemampuan kognitif anak yang masih rendah, Hal yang menyebabkan anak kurang aktif pada saat proses pembelajaran mengenal lambang bilangan berlangsung, guru selalu menggunakan mengerjakan LKA (lembar kerja anak dan buku tulis) hal tersebut anak menjadi bosan dan menganggap lambang bilangan sebagai rangkaian kata-kata yang tidak bermakna, serta tidak ada media yang digunakan. Metode yang digunakan guru hanya metode berceramah sehingga anak juga bosan pada saat pembelajaran, hanya terjadi komunikasi satu arah dan pembelajaran tersebut kurang menarik membuat anak kurang memahami saat pembelajaran mengenal lambang bilangan menjadi hal yang membosankan. Untuk mengatasinya digunakan model MATA sebagai upaya mengembangkan kognitif anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, motivasi anak, aktivitas anak perkembangan kognitif anak Kelompok A TK Islam Al-Muhajirin Banjarmasin.

Penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 3 kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. penelitian dilakukan di TK Islam Al-Muhajirin Banjarmasin pada anak kelompok A yang berjumlah 10 orang anak. Teknik penilaian yang digunakan yaitu observasi aktivitas guru, motivasi anak, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriftif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru 92% dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai skor persentase 90% dengan kreteria “Sangat Aktif” ,motivasi belajar anak mencapai skor dengan presentasi 90% dengan kriteria “Sangat Termotivasi”sedangkan untuk hasil perkembangan kognitif secara klasikal mencapai persentase 90% yang artinya berkembang sesuai harapan (BSH) dengan bintang (???).

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model MATA dapat mengembangkan motivasi anak, aktivitas anak serta aspek kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Islam Al-Muhajirin Banjarmasin. Maka penelitian ini disarankan kepada guru agar hasil penelitian ini dapat menjadikan masukan dan acuan dalam memperbaiki dan mengingkatkan kualitas pembelajaran kepada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI