DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DI KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2018 (Studi di Kelurahan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat)
PENGARANG:AHMAD GHAITI RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-13


Ahmad Ghaiti Ramadhani, 2021. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kapuas Tahun 2018 (Studi di Kelurahan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat). Di bawah bimbingan Andi Tenri Sompa (Selaku Pembimbing I) dan Siti Hamidah (Selaku Pembimbing II)

Partisipasi politik adalah sebagai mental dan emosional yang mendorong untuk memberikan sumbangan kepada tujuan atau cita-cita kelompok atau turut bertanggung jawab padanya. Dalam tingkat pendidikan, lingkungan dan status ekonomi juga mempengaruhi partisipasi politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kapuas Tahun 2018. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digunakan berbagai teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu Lurah Mandomai, Tokoh Masyarakat, Ketua KPPS, dan Pemilih Pemula yang berada di Kelurahan Mandomai dan penelitian ini difokuskan pada permasalahan tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kapuas Tahun 2018.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktoryangmempengaruhipartisipasi politik pemilih pemula di Kelurahan Mandomai ada dua yaitu pertama faktor pendorong yang meliputi rangsangan politik yang diterima oleh pemilih pemula baik lewat media massa, media televisi, dan iklan-iklan di jejaring sosial dan diskusi-diskusi politik informal bersama teman sebaya serta situasi lingkungan yang kondusif aman dan nyaman dalam melakukan partisipasi politik. Faktor penghambat, meliputi kurangnyapendidikanpolitikyangmerekadapatkan,kebijakanindukyangberubah- ubah dalam hal ini yaitu pemerintah yang selalu merubah mekanisme, kurangnya dukungan untuk menyukseskan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Tahun 2018 membuat pemilih menjadi tidak percaya diri bahwa suaranya berpengaruh bagi masa depanKabupaten Kapuas.

Pemilih pemula hendaknya lebih membuka dirinya untuk dapat menunjukkan kemampuannya dalam dunia politik, adanya dukungan dari keluarga dan lingkungan tempat tinggal serta para tokoh masyarakat melalui pendidikan politik secara dini, dan pemerintah seharusnya menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung kegiatan pemilih pemula dalam dunia politik, serta pemberian pendidikan politik yang ditujukan khusus untuk pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam dunia politik.

 

Kata Kunci      : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi, Pemilih Pemula

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI