DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI HUKUM TAJWID NUN MATI DAN TANWIN DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK SISWA KELAS X
PENGARANG:ABDUL AZIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-14


Ilmu Tajwid merupakan salah satu keterampilan yang sepatutnya dikuasai oleh anak kelas X SMK/Sederajat. Namun, pada kenyataannya terdapat hambatan dalam proses pembelajaran hukum tajwid. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi hukum tajwid nun mati dan tanwin dengan metode drill and practice yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran hukum tajwid, dan (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran hukum tajwid tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Uji coba penelitian bertempat di SMK Negeri 4 Banjarbaru dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan guru, angket validitas dan angket kepraktisan, serta pre test dan post test hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari 17 orang siswa dan 1 orang guru mata pelajaran bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Berdasarkan hasil dari penelitian, diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran hukum tajwid tersebut menggunakan model pengembangan ADDIE, teknologi yang digunakan antara lain HTML, CSS, Javascript, JQuery, Firebase, JSON, Smartphone Recorder, Bandicam, dan Arabic Keyboard, (2) hasil uji kelayakan media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran layak dengan memenuhi tiga kriteria yakni validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil validitas menunjukkan persentase tanggapan ahli materi sebesar 85,33% dan ahli media sebesar 81,33%. Hasil tanggapan pengguna menunjukkan dominan Setuju oleh siswa dan dominan Setuju oleh guru bersangkutan.  Sedangkan hasil efektivitas menunjukkan perolehan skor N-Gain sebesar 0,46 ditinjau dari hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI