DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK SISWA SMP KELAS VII
PENGARANG:CINTABELA YUWIN UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-15


Kurikulum 2013 memiliki sebuah tujuan kegiatan pembelajaran yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi namun kesediaan soal HOTS pada buku pelajaran matematika memiliki persentase rendah. Berdasarkan hasil survey TIMSS menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab kemampuan berpikir anak Indonesia secara ilmiah masih rendah dikarenakan kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Sementara tes formatif yang didesain khusus untuk melatih HOTS peserta didik belum tersedia dan kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan tes soal HOTS. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Tes Formatif Matematika materi Bilangan Bulat berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk siswa SMP kelas VII yang valid. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Formatif Research menurut Tessmer yaitu Preliminary, Self Evaluation (analisis dan desain), dan Expert Review. Jenis data yang diambil penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis berdasarkan hasil lembar validasi tes formatif dari dosen ahli dan data kualitatif dianalisis berdasarkan saran-saran dari validator. Kevalidan tes formatif dipenuhi berdasarkan rata-rata validasi dari ahli atau dosen validator. Produk akhir yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah 11 butir soal tes formatif berbasis HOTS materi bilangan bulat berbentuk pilihan ganda dilengkapi dengan kisi-kisi soal dan penyelesaiannya. Berdasarkan analisis lembar validasi dari 4 orang validator diperoleh skor dengan nilai rata-rata sebesar 2,83 yang artinya produk yang dikembangkan termasuk kategori valid.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI