DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA LUNJEN KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG PROVINSI SULAWESI SELATAN
PENGARANG:H ASNINAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-15


HASNINAR, D1B115009, 2021. “Kinerja Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan di Desa Lunjen Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang”. Dibimbing oleh Saifudin selaku pembimbing I dan Apriansyah selaku pembimbing ke II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan di Desa Lunjen Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang diukur dengan menggunakan Pendapat dari T.R Mitchell yang terdiri dari Kualitas Kerja, Ketepatan Waktu, Inisiatif, Kemampuan, dan Komunikasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sumber data berupa pedoman wawancara untuk data primer dan arsip serta dokumen untuk data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan Kualitatif Deskriptif.

Tipe Penelitian ini menggunaan penelitian kualitatif deskriptif dan informan penelitian adalah Aparatur desa, sekretaris desa, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan, wawancara, dokumentasi dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan kinerja kepala desa dalam pembangunan jalan di Desa Lunjen Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang secara keseluruhan sudah cukup baik, dilihat dari teori T.R Mitchell yaitu kualitas kerja, kepala desa cukup baik dalam pengelolaan keuangan dan prioritas pembangunan dan kurang   baik dalam menumbuhkan partisipasi masyarakat. Ketepatan waktu, cukup baik dalam penyusunan RPJMDes dan kurang baik dalam penyelesaian pembangunan tepat waktu dan memaksimalkan peran aparat desa, Inisiatif, cukup baik dalam respon masyarakat akan pembangunan desa serta pembangunan infrastruktur yang sesuai keadaan desa Lunjen. Kemampuan, cukup baik dalam prosedur serta hubungan/keterlibatan pemerintah desa, masyarakat dan pihak lainnya dalam pelaksanaan pembangunan.  Komunikasi, cukup baik dalam perincian dan transparansi anggaran serta dan kurang baik dalam mendorong masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu terhadap kepala desa Lunjen meningkatkan strategi untuk mendorong masyarakat lebih banyak terlibat dalam pembangunan desa. Juga diharapkan mampu meningkatkan penyelesaian pembangunan tepat waktu Terhadap aparatur desa dalam meningkatkan komunikasi dengan seluruh masyarakat desa Lunjen. Terhadap masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pembangunan desa.

 

Kata Kunci : Kinerja, Pembangunan Infrastruktur, Pemerintah Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI