DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kesesuaian Materi Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965) dengan Kompetensi Dasar
PENGARANG:MUHAMMAD JAUDHY RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-15


Muhammad Jaudhy Rahman 2021. Analisis Kesesuaian Materi Masa Demokrasi Terpimpin 1959-1965 dengan Kompetensi Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

Materi yang ada di buku teks siswa IPS SMP menyajikan beberapa sub tema yang dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi pendidik atau guru. Sub tema dalam buku teks siswa IPS SMP yang disajikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Revisi 2018 satu diantaranya yaitu Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965). Materi pada buku teks siswa IPS SMP yang digunakan peserta didik saat ini sudah sesuai dengan kompetensi dasar (KD). Namun perlu diberikan tambahan berupa konten muatan lokal dan beberapa contoh yang relevan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Materi pada buku teks siswa yang baik haruslah terdapat cakupan materi yang mendalam dan faktual dengan kondisi peserta didik. Materi harus sesuai dengan kurikulum, satu diantara beberapa komponen kurikulum tersebut adalah kompetensi dasar (KD). 

Tujuan dari penelitian; 1) mendeskripsikan materi “Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965)” pada buku teks siswa kelas IX semester kedua. 2) menganalisis kesesuaian antara materi “Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965)” dengan kompetensi dasar (KD).  Studi literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku dan tugas akhir yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

Hasil penelitian materi IPS tentang Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965) terdapat 2 yaitu; 1) materi dalam buku teks ini sudah sesuai dengan kompetensi dasar (KD), namun terdapat beberapa hal yang perlu ditambahkan oleh tenaga pendidik dalam mengajar, yaitu membuat konten lokal serta contoh relevan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 2) keseluruhan konten dalam buku teks siswa pada materi “Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965) ini sudah relevan untuk dijadikan buku ajar.

Simpulan: (1) Materi “Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965) pada buku teks siswa terbukti sesuai dengan konsep yang peneliti dapatkan melalui studi kepustakaan (2) Materi ajar dengan kompetensi dasar sudah sesuai dan telah peneliti tambahkan dengan konten local.

 

Kata Kunci: Demokrasi Terpimpin, Kompetensi Dasar, Pendidikan IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI