DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIAN MATERI PERAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM KEGIATAN EKONOMI DENGAN KOMPETENSI DASAR
PENGARANG:WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-16


ABSTRAK

Wahyudi. 2021. Analisis Kesesuaian Materi Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kegiatan Ekonomi Dengan Kompetensi Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I : Dr. Ismi Rajiani, M.M. dan Pembimbing II : Mutiani, M.Pd.

            Kelayakan isi buku teks siswa IPS SMP sangat penting karena buku merupakan alat untuk menyampaikan materi. Penilaian dalam hal kelayakan isi, ada tiga indikator yang harus diperhatikan satu diantaranya yaitu kesesuaian uraian materi dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD). Materi pada buku siswa IPS SMP Kelas VII Revisi 2018 sub tema Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kegiatan Ekonomi yang digunakan oleh peserta didik hanya berisi materi umum dan perlu pengembangan materi pembelajaran dari berbagai buku referensi atau literaturliteratur lain khususnya dalam menyajikan contoh-contoh konten lokal, agar materinya bervariasi sehingga peserta didik benar-benar termotivasi untuk mempelajarinya dan menggali kedalaman isi materi secara mendalam agar menambah wawasan sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan peserta didik.

            Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan materi Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kegiatan Ekonomi dan menganalisis kesesuaian kompetensi dasar dengan materi Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknonologi Dalam Kegiatan Ekonomi. 2) Studi literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku ataupun ebook dan tugas akhir (skripsi, tesis, disertasi) yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

            Hasil penelitian materi IPS tentang Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kegiatan Ekonomi terdapat dua pembahasan materi yaitu 1). Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 2). Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi. Pembelajaran memerlukan keterampilan guru dengan menjelaskan pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang berkaitan dengan sumber yang ada dilingkungan sekitar peserta didik yang memuat kearifan lokalnya.

 

Kata Kunci: Pendidikan IPS, Analisis Materi, Kompetensi Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI