DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Saluran Dan Lembaga Pemasaran Ikan Teri (Stolephorus indicus) Hasil Tangkapan Nelayan Bagan Tancap Di Desa Tanjung Lalak Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:KARMILA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-16


 

 

ABSTRAK

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan lembaga pemasaran  serta nilai Fisherman’s Share ikan teri hasil tangkapan nelayan bagan tancap di Desa Tanjung Lalak Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengambilan data menggunakan  metode survey, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling secara sengaja, pengambilan sampel responden menggunakan metode Simple Random Sampling dan sampel pedagang menggunakan metode Snowball Sampling. Analisis data yang digunakan adalah (1) analisis saluran pemasaran, (2) analisis lembaga pemasaran dan (3) analisis

Fisherman’s Share. Hasil analisisis memperlihatkan bahwa (1) saluran pemasaran terdiri dari 3 pola saluran pemasaran yaitu (a) Nelayan, Pedagang Pengecer dan Konsumen Akhir, (b) Nelayan, Pedagang Pengumpul, Pedagang Pengecer dan Konsumen Akhir dan (c) Nelayan, Pedagang Pengecer, agen Luar Kota. (2) terdapat ada dua lembaga pemasaran yang terlibat pada hasil tangkapan nelayan bagan tancap yaitu pengumpul dan pengecer serta (3) Besarnya nilai Fisherman’s Share adalah sebesar 81,39%. 

Kata Kunci : Nelayan, Bagan Tancap, Ikan Teri Kering, Saluran Pemasaran, Lembaga Pemasaran, Fisherman’s Share 

 

ABSTRACT

 

 This study aims to determine the marketing channels and institutions as well as the value of the farmer’s share of anchovy caught by bamboo platfrom (Lift Net), fishermen in Tanjung Lalak village, pulau laut island district, Kotabaru Regency, South Kalimantan Province.The data used are primary data and secondary data, while the data collection technique uses survey, interview and dokumentation methods.The research location was determined using a purposive sampling method on purpose, the simple random sampling method and the sample of traders using the snowball sampling method. The data analysis used is (1) marketing channel analysis, (2) marketing agency analysis and (3) farmer’s share analysis. The results of the analysis show that (1) marketing channels consist of 3 patterns of marketing channels, namely (a) fisherman, retailers and final consumers, (b) fisherman, collectors, retilers and final consumers and (c) fisherman, retailers, outside agents. City. (2) there are two marketing institutions that are involved in the catcthes of the fisherman of bamboo platfrom (Lift Net), namely collectors and retailers and (3) the value of the farmer’s share is 81,39%.

 

Keywords : Fisherman, lift net, Anchovy Dry, Marketing Channel Marketing Institution, Farmer’s Share 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI