DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK
PENGARANG:N ORIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-18


Belum adanya LKPD berbasis STEM dan rendahnya keterampilan proses sains yang dimiliki peserta didik menjadikan latar belakang penelitian ini. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis STEM pada materi optika geometris untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Tujuan penelitian secara khusus, yaitu untuk mendeskripsikan: 1) validitas LKPD, 2) kepraktisan LKPD, 3) efektivitas LKPD, 4) pencapaian keterampilan proses sains peserta didik, 5) pencapaian STEM peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dan diujicobakan pada 18 mahasiswa pendidikan fisika universitas lambung mangkurat angkatan 2018. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi, angket respon peserta didik,  lembar pengamatan keterampilan proses sains, lembar pengamatan STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berkategori valid dengan skor 3,31; 2) kepraktisan LKPD berkategori praktis dengan skor 3,25; 3) efektivitas LKPD berkategori sedang dengan skor n-gain 0,52; 4) pencapaian keterampilan proses sains berkategori baik dengan skor 3,40; 5) pencapaian STEM berkategori baik dengan skor 2,96. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM pada materi optika geometris untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik layak digunakan saat proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI