DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020
PENGARANG:BAGAS PUTRA SUDIBYO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-20


Bagas Putra Sudibyo (2021). Analisis Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional, Likuiditas, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2020.

Pembimbing: Dr. Sarwani, Drs, M.Si,  Ak, CA, CPA

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio leverage terhadap agresivitas pajak; (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemilikan institusional terhadap agresivitas pajak; (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh likuiditas terhadap agresivitas pajak; (4) mengetahui dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat kausal. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017 sampai dengan 2020. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 68 perusahaan. Teknik analisis data digunakan model analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar nilai leverage dan kepemilikan institusional dalam suatu perusahaan maka akan meningkatkan tindakan agresivitas pajak. Temuan lain dalam penelitian ini membuktikan bahwa likuiditas dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya nilai likuiditas dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap adanya tindakan agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan.

Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Leverage, Kepemilikan Institusional, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI