DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PEMBONGKARAN OVERBURDEN BERDASARKAN TARGET PRODUKSI BULANAN DI PT BHIMA SAKTI BERSAUDARA DESA KARANG INTAN, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:EKA SANDI PRAKASA YUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-21


ABSTRAK

 

EVALUASIPEMBONGKARAN OVERBURDEN BERDASARKAN TARGET PRODUKSI BULANAN DI PT BHIMA SAKTI BERSAUDARA DESA KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN

 

Oleh :

Eka Sandi Prakasa Yuda

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Email: prakasayudaaas@gmail.com

Abstrak:

Aktifitas penambangan biasanya diawali dengan pengupasan lapisan tanah penutup yang menggunakan peralatan mekanis. Agar kegiatan tersebut mencapai hasil yang optimal maka dilakukan perencanaan. Tahapan perencanaan tambang dilakukan untuk menjamin operasi penambangan yang akan dilakukan terkoordinasi dan sesuai dengan target yang direncanakan karena apabila target pengupasan lapisan tanah penutup tidak tercapai maka target produksi bahan galian berharga dalam hal ini batubara juga tidak tercapai.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulakn data primer dan data sekunder menggunakan dua cara, yaitu pengamatan lapangan secara langsung dan penggunaan data perusahaan. Proses pemecahan masalah  menggunakan metode komputasi dan analisis disertai data-data berupa pete, gambar, grafik dan tabel yang dapat membantu dalam penyampaian informasi hasil penelitian.

Berdasarkan dari hasil pengambilan data dilapangan, maka didapatkan rata-rata cycle time alat gali muat excavator sany 365 H sebesar 19,82 detik, kemudian rata-rata cycle time alat angkut hino 500 didapatkan sebesar 4,49 menit. Berdasarkan  tingkat ketercapaian antara target produktivitas dengan aktual, rata-rata produktivitas dengan tingkat ketercapaian alat gali muat sany 365 H sebesar 162,98 bcm/jam dengan ketercapaian 95 %. Tingkat ketercapain antara target produktivitas dengan aktual, rata-rata produktivitas dengan tingkat ketercapaian alat angkut Hino 500 sebesar 55,87 bcm/jam dengan ketercapaian sebesar 65 %. Berdasarkan hasil perhitungan match factor dengan menggunakan data aktual didapatkan hasil match factor 0,89 dengan menggunakan 2 alat angkut, kemudian hasil perhitungan simulasi match factor dengan menggunakan 3 alat angkut didapatkan hasil match factor sebesar 1,34.

 

 

Kata Kunci : Cycle Time, Produktivitas, Target Produktivitas dan Match Factor

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI