DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kinerja Simpang Tiga Jalan SMP 3 - Jalan Sekumpul Ujung Kota Martapura
PENGARANG:RYEND PRATAMA SYAH -1142
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-23


ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA JALAN SMP 3 – JALAN SEKUMPUL UJUNG KOTA MARTAPURA

1Ryend Pratama Syah, 2Iphan Fitrian Radam

1Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil

2Dosen Program Studi Teknik Sipil

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

E-mail: ryendpratamasyah@gmail.com

                              ABSTRAK

            Simpang tiga Jalan SMP 3 – Jalan Sekumpul Ujung merupakan salah satu simpang tak bersinyal yang berada di Kota Martapura. Volume kendaraan yang melewati persimpangan tersebut cukup tinggi sehingga memicu kemacetan dan kecelakaan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan analisis dan menentukan alternatif terbaik sehingga tingkat pelayanan pada simpang berada pada kondisi optimal.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja simpang tiga Jalan SMP 3 – Jalan Sekumpul Ujung pada kondisi eksisting dan juga untuk memberikan alternatif untuk meningkatkan indeks tingkat pelayanan pada simpang. Perhitungan analisis dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan metode MKJI 1997 dengan bantuan perangkat lunak KAJI. Data sekunder berupa data pertumbuhan penduduk Kabupaten Banjar tahun 2013 – 2017 diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar. Data Primer didapat dari survey lalu lintas yang dilakukan selama 15 jam dari pukul 06.00 – 21.00 WITA.Berdasarkan hasil analisis simpang kondisi eksisting didapatkan nilai peluang antrian (QP) sebesar 27%. Kemudian analisis simpang kondisi forecasting 7 tahun simpang tidak memenuhi syarat lagi dengan nilai peluang antrian (QP) sebesar 39%. Adapun alternatif perbaikan tingkat pelayanannya dengan alternatif penanganan pelebaran geometrik forecasting 7 tahun didapatkan nilai peluang antrian (QP) sebesar 35%. Kemudian forecasting 10 tahun simpang tidak memenuhi syarat lagi dengan nilai peluang antrian (QP) sebesar 38,5%. Kemudian dengan simpang bersinyal 3 fase didapat nilai derajat kejenuhan (DS) mengalami perbaikan menjadi 0,683, nilai tundaan sebesar 23,37 det/smp dengan waktu siklus sebesar 47 detik, sehingga nilai indeks tingkat pelayanan (ITP) simpang menjadi “C”.

 

Kata Kunci: Simpang Bersinyal, Simpang Tak Bersinyal, Tingkat Pelayanan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI