DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2020
PENGARANG:GITA WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-23


ABSTRAK

 

Gita Wulandari, 1710412320014, 2021, Pengaruh Kecukupan Modal (CAR) dan Likuiditas (LDR) terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2020. Dibawah bimbingan Sugiharto.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kecukupan Modal (CAR) (X1) dan Likuiditas (LDR) (X2) terhadap Profitabilitas (ROA) (Y) pada Bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2020.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan tipe penelitian asosiatif kausal. Objek penelitian ini adalah Laporan Keuangan Tahunan Bank BUMN yang terdiri dari PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu Laporan Keuangan Publikasi Bank BUMN periode 2012-2020. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Laporan Keuangan Tahunan Bank BUMN, sedangkan untuk sampel yang digunakan yaitu Laporan Keuangan Tahunan Bank BUMN sebanyak 36 dikarenakan periode penelitian sebanyak 9 tahun dikalikan dengan 4 objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis, Uji Sumbangan Efektif dan Uji Sumbangan Relatif.

Hasil penelitian menunjukkan pada Bank BUMN periode 2012-2020 untuk kecukupan modal (CAR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) dengan tingkat pengaruh sebesar 12,8% dengan menggunakan uji sumbangan efektif. Untuk likuiditas (LDR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) dengan tingkat pengaruh sebesar 34,6% dengan menggunakan uji sumbangan efektif. Sedangkan untuk kecukupan modal (CAR) dan likuiditas (LDR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) dengan besaran pengaruh sebesar 47,4%.

 

Kata Kunci: Kecukupan Modal (CAR), Likuiditas (LDR), Profitabilitas (ROA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI