DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Smart City dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat Melalui E-LAPOR Pemerintah Kota Banjarmasin (2020-2021)
PENGARANG:HENDRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-23


 

ABSTRAK 

Hendrawan, 1710413610027  “Implementasi Smart City dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat Melalui E-LAPOR Pemerintah Kota Banjarmasin (2020-2021)”,di bawah bimbingan Mahyuni.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis mengenai Implementasi Smart City dalam penyerapan aspirasi masyarakat melalui aplikasi E-LAPOR dan untuk mendeskripsikan mengenai faktor penghambat dan pendukung Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mengimplementasikan Smart City dalam penyerapan aspirasi masyarakat melalui aplikasi E-LAPOR.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriftif. Pada penelitian ini informan penelitian ditentukan dengan teknik triangulasi data. Penggabubungan tiga teknik pengumpulan data mulai dari observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian kondisi yang masih kurang efektif, sebagaimana hasil dari penelitian peneliti dapatkan di lapangan. Pengelolaan masih di bawah standar, sumberdaya yang tersedia kurang memadai terutama tenaga ahli dibidang IT, pelaksanaan juga kurang baik itu bisa dilihat dari berkurangnya jumlah laporan yang masuk pada aplikasi serta sosialisasi yang kurang kepada masyarakat ditambah lagi dengan kondisi pandemi sekarang ini, prosedur yang masih tidak dipahami oleh masyarakat dan juga teknologi yang digunakan kurang di perhatikan baik itu software maupun hardwarenya. Maka peneliti menyimpulkan bahwa implementasi smart city dalam penyerapan aspirasi masyarakat melalui E-LAPOR Pemerintah Kota Banjarmasi belum sesuai dengan kondisi yang diharapkan/belum terimplementasi dengan baik.

Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan tindak lanjut yang cepat dari SKPD terkait dalam penanganan laporan yang sudah didisposisi oleh Dinas Komunikasi,Informasi dan Statistik Kota Banjarmasin, penambahan pegawai baru yang menguasai pengoprasian serta pengelolaan di bidang IT oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, sosialisasi kepada masyarakat lebih digencarkan  melalui media masa (siaran tv/media cetak regional) oleh pemerintah kepada masyarakat, pemeliharaan serta penambahan unit hardware dan software dalam pelaksanaan E-LAPOR oleh Dinas Komunikasi,Informasi dan Statistik Kota Banjarmasin selaku fasilitator dan ujung tombak pelaksanaan,SOP dalam pelaksanaan sudah baik dan perlu dipertahankan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Kata Kunci :  Implementasi, Smart City, Aspirasi, E-LAPOR, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik, Kota Banjarmasin.   

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI