DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK AMONIUM DIHIDROGEN FOSFAT (ADP) DARI ASAM ORTOFOSFAT DAN AMONIA DENGAN PROSES TVA (TENNESSEE VALLEY AUTHORITY) KAPASITAS 50.000 TON/TAHUN
PENGARANG:LARAS SUBEKTI-1313
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-23


INTISARI

Amonium Dihidrogen Fosfat (ADP) merupakan pupuk majemuk buatan yang berbentuk butiran yang berguna sebagai sumber hara nitrogen dan fosfor dengan rumus kimia (NH4H2PO4). Proses pembuatan pupuk Amonium Dihidrogen Fosfat (ADP) dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reaksi netralisasi, tahapan granulasi serta pengeringan dan pengayakan. Perancangan pabrik Amonium Dihidrogen Fosfat (ADP) ini direncanakan akan didirikan pada tahun 2026 dengan kapasitas 50.000 ton/tahun.

Pupuk ADP dibuat dengan mengumpankan asam ortofosfat, amonia, air, dan keluaran Scrubber ke dalam Reaktor, kondisi operasi di dalam Reaktor (P=1 atm, T=110 °C) dan terjadi reaksi netralisasi, reaksi berlangsung selama 30 menit. Produk keluarannya berbentuk slurry dialirkan menuju Rotary Ammoniator-Granulator untuk pembentukan granul pupuk ADP. Granul ADP masih mengandung air cukup tinggi sehingga diumpankan ke dalam Dryer, setelah granul kering dimasukkan ke dalam Cooling Conveyor dan diayak dengan Screen. Hasil pengayakan berupa granul yang berukuran oversize (>10 mesh) dihancurkan dengan Crusher dan direcycle masuk ke dalam Rotary Ammoniator-Granulator. Produk onsize dikirim ke tempat penyimpanan dan sebagian juga direcycle bersama produk oversize dan undersize.

Pabrik ADP berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi line and staff. Tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 200 orang. Berdasarkan hasil analisa ekonomi, didapat nilai Return on Invesment (ROI) sesudah pajak untuk pabrik ini sebesar 28%, Pay Out Time (POT) sesudah pajak sebesar 2,60 tahun. Sedangkan nilai Break Even Point (BEP) sebesar 43% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 27%. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa pabrik ini bisa dipertimbangkan pendiriannya dan dapat diteruskan ke tahap perencanaan pabrik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pabrik ini layak untuk didirikan.

Kata kunci: Amonium Dihidrogen Fosfat (ADP), TVA (Tennessee Valley Authority), asam ortofosfat, amonia. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI